RECEIVER PARABOLA TANAKA T-21 SKY MATI TOTAL

Receiver Tanaka T 21 sky rusak,mati total.
Service receiver Tanaka T21 skynindo  hang. Di display dan di layar TV hanya ada tulisan loading.
Akhir akhir ini di beri pekerjaan agak ribet,soal nya receiver itu barang nya dari aku,eh udah setahun setengah rusak,entah kenapa di display depan dan di layar TV hanya ada tulisan loading ( ld )
Pikiran pertama mungkin memory nya error,tapi ternyata
pas di praktekan di ukur ,tegangan 5 volt dan 20 volt untuk tegangan LNB hilang,dan akhir akhir ini 3,3 volt nya pun hilang.
Receiver ini di suply dengan tegangan tunggal DC 12 volt saja,mungkin pembagian tegangan 3,3 volt , 5 volt ,dan 20 volt nya mempergunakan regulator di papan mpeg PCB nya Tanaka T 21 sky ( skynindo).
Bingung juga brow,hampir semua jenis alat di PCB ini hampir tak terlihat namanya,apalagi untuk mengganti,yang namanya juga pakai aisi chip ( mini chip ).
Apalagi mengingat jualan sparepart nya juga tidak akan ada jualan,entah kalau di kota besar,paling jalan terakhir sistem kanibal,atau mencari dari rangkaian sejenis,tapi kan hal seperti itu tidak mungkin di lakukan,karena jarang nya orang yang menggunakan receiver ini,kalau pun ada,mungkin masih bisa di gunakan, dan itu pun entah dimana,,hehehe.
Mungkin para master service bisa kasih saran cara memperbaiki nya receiver ini.
Tapi sebelum para master kasih jalan ,saya akan sharing pengalaman memperbaiki ini,walaupun cara nya agak extrim hehehe,,ini di lakukan sebelum ada cara yang lebih tepat memperbaiki nya,tapi walaupun extrim receiver ini sudah nyala,tapi entah bagus nya itu sampai kapan,,hehe,yaitu menggunakan ac matic lain sebagai suply tegangan alternativ.
Pertama tama aku pisah jalur tegangan utama,dan di cari mana saja yang menggunakan tegangan 5 volt,3,3 volt,dan 20 volt.
Walaupun agak ragu,ku coba titik titik utama itu di kasih tegangan dari ac matik baru yang mempunyai tegangan pas seperti yang di butuhkan.
Berbekal pengalaman dari perbaikan receiver dari merk merk lain,ku coba mantapkan hati untuk merubah nya.
Dan Alhamdulilah receiver pun bisa normal kembali,dan kebetulan  aisi program atau aisi CPU ,Ram ,dan aisi memory nya tidak korslet, (untuk penyebutan aisi atau komponen kalau salah minta maaf,maklum otodidak tanpa dibekali ilmu teori yang memadai,hanya sekedar berbagi pengalaman).
Mungkin suatu saat lagi ada ide untuk menyempurnakan nya lagi.
Related.. Tanaka T-21 sky rusak regulator, Tanaka T-21 sky hanya tampil loading ( LD )
Tanaka T-21 skynindo mati total.


Share:

3 komentar:

Anonymous said...

Mas, boleh kasih gambarnya yg lebih jelas? THX

ZABDAN said...

gan punya firmware tanaka t21 sky kalau punya kirimin dong ke inambasis@gmail.com

sriewidblog said...

Misi mas, goldsat saya power supply normal semua tapi mati gak tampil sama sekali.. Apanya ya? Saya ceck pakai goldsat satunya power supply normal,.. Kira kira MPEG bagian apa ya? Thanks..

ARSIP ARTIKEL

Categories

SAHABAT

Blog Archive

Tag related.

meteran listrik ada tulisan periksa
cara buka biss key tanaka t21 sky
batre bb 9300 biar awet
ASURANSI.MOBIL.ASURANSI JIWA.MOTOR ASURANSI.ASURANSI.asuransi biss key tanaka,cara ngatasin gambar tangan pada layar kwh,meteran pln periksa,kode remot tv ichiko,nonton piala dunia di bb 9300,chanel liga inggris 2014-2015 di satelit asiasat
,thaicom,biss key chanel Thaicom 5