CARA MEMPERBAIKI RECEIVER PARABOLA ( DVB ) MERK CINA MATI TOTAL,NO SIGNAL

Tanaka semua model,matrix semua model,LGsat,Goldsat,primasat,tehnosat,Venus semua model,dan merk merk lain nya,kerusakan nya semua nya hampir mirip,karena sistem,hardware maupun software tidak berbeda jauh.
Tool dan firmware nya tidak jauh berbeda,paling yang membedakan nya sistem nya apa masih mpeg2 atau sudah mpeg4.
Walaupun harga receiver baru tidak terlalu mahal,tapi alangkah bijaksana nya apabila ketika receiver parabola mati total,telat hidup,tidak ada signal atau keluhan yang lain nya kita coba untuk memperbaiki nya dahulu sebelum beli,siapa tahu keruksakan nya tidak terlalu parah.
SOLUSI TRIK RECEIVER TANAKA ,MATRIX,GOLDSAT,LGSAT,PRIMASAT,VENUS MATI SURI.( MATI SUDAH – HIDUP TA MAU).
Receiver matot( mati total )
_ Ukurlah dahulu keluaran tegangan dari Ac Matic receiver mulai dari 3,3 Volt, 15 Volt,juga 20 Volt.
_ Perhatikan tegangan tersebut apakah sudah sesuai,apabila tidak sesuai di pastikan bagian kit AC Matic dvb ini rusak.
_ Bagi tehnisi lebih gampang nya adalah harus mempunyai kit AC Matic multi output untuk test yakin" dan memastikan kit AC Matic nya rusak.Cara nya apabila      tegangan tidak sesuai pada kit AC matic bawaan nya coba saja langsung ganti sama kit AC matic multi output volt..
_Apabila tidak punya kit ac matic multi tegangan,ac matic tersebut cek dahulu mana tegangan yang drop mana yang tidak.Biasa nya
kerusakan terjadi akibat elko elko yang menurun kualitas nya,cara mengatasi nya adalah dengan cara menempelkan elko baru di kaki kaki elko bawaan nya kit ac matic tersebut.
_Untuk jenis receiver keluaran terbaru sering banyak keluhan trapo suply tegangan nya yang rusak,maka solusi nya adalah ganti kit ac matic nya dengan yang baru.
Ketika kit ac matic sudah bagus atau kit ac matic diganti baru,tetapi masih keluhan seperti :
1_Receiver masih tidak mau menyala,padahal tegangan normal.
2_Pakai ac matic baru ketika di masukan ke rangkaian mpeg tegangan menurun lagi.
3_Aisi Mpeg receiver panas nya berlebih ketika tegangan di colokan sebentar.
4_Aisi mpeg adem ayem,tak panas tetapi masih tidak ada display dan gambar apalagi signal.
5_Receiver menyala tetapi tampilan video menjadi hitam putih.
6_Receiver menyala,video bagus tetapi no signal.
7_Receiver menyala signal ada tapi gambar video bergetar,gambar pun jadi tipis.
8_Gambar ada,signal bagus,audio nya menghilang.
Solusi permasalahan di atas kurang lebih sebagai berikut :
Problem ke 1 ,cek tegangan di input tegangan di mainboard mpeg.Pastikan sama dengan keluaran di ac matic.kalau sama,cek tegangan di kaki kristal.kalau bergetar menandakan aisi (IC ) cpu atau mpeg masih ada harapan.Bisa di coba ganti kristal,atau juga update firmware.
Problem ke 2,ketika tegangan ac matic baru di pasang ke mainboard cpu mpeg ngdrop lagi,itu menandakan ada komponen korsleiting pada komponen board.Biasa nya kerusakan bisa parah karena rusak nya IC utama di mainboard tersebut.Biasa nya problem ini susah di atasi mengingat IC ini tidak ada di pasaran.
Problem 3,kerusakan biasa nya ada di pencatu daya 1,3 volt di aisi utama,ada beberapa receiver menggunakan sistem ini.Penggantian Transistor ini bisa kanibal dari receiver lain atau mencari dari motherboard bekas komputer Pentium 4.
Problem 4 hampir mirip dengan problem dua..tapi penelusuran extra nya adalah dengan cara mengganti IC memory di main board tersebut.perhatikan hurup belakang memory tersebut,cari yang identik atau minimal tidak berbeda jauh.Kanibal lebih bagus kalau anda punya stok receiver yang matot.Penggantian ini harus sabar sampai di ketemukan nya memory yang cocok.Biasa nya kerusakan ini di akibatkan karena update software( firmware) yang gagal.Bahasa gaul nya receiver ini mati suri.
Problem 5 Walaupun jarang terjadi problem ini di receiver dvb mpeg 4 tetapi di mpeg 2 pernah terjadi,solusi nya cari transistor output video,biasa nya pergantian di transistor ini menyelesaikan masalah gambar hitam putih atau gambar bergoyang sekaligus bergetar.
Problem 6 .Problem ini sering terjadi,cek dahulu output tegangan di soket LNB cek apakah tegangan normal nya untuk Vertikal 13 volt dan Horizontal 18 volt.Kalau bagus cek aisi RF atau kapasitor dari soket LNB tersebut,pastikan jalur dari soket LNB ke kapasitor dan yang ke aisi RF bagus,kerusakan ini pernah terjadi ketika kabel coxial dari LNB kemasukan air dan air pun masuk ke mainboard melalui soket LNB,yang mengakibatkan korosi / berkarat di bagian ini .Kalau masih belum ada signal juga coba panaskan IC RF ini dari bawah board,untuk antisipasi putus nya solderan dari IC RF ke mainbord.Solusi terakhir ganti IC RF nya.

Problem 7 Solusi nya tidak berbeda jauh dengan problem 5.bisa juga di tambah dengan pengecekan IC “ ram” di samping IC utama board mpeg tersebut.Pernah terjadi korosi atau karatan di IC tersebut.
Problem 8.Pernah terjadi kasus di mpeg 2 yang masih menggunakan ic C 4558 untuk ic suara nya.biasa nya dengan mengganti ic tersebut masalah bisa teratasi.
< Untuk update tool firmware akan kita bahas di postingan berikut nya. Sekali lagi ini hanya share pengalaman,beda kasus beda receiver tentu nya bisa juga berbeda pula solusi nya.Jangan terjebak oleh pengalaman orang lain,karena belum tentu sama dengan receiver yang sedang kita kerjakan sekarang. Selamat bekerja,sukses selalu.

Receiver dvb mpeg 2 dan mpeg4 matot ( mati total ) no signal,tidak keluar signal,RF nya rusak,mati suri.
Pencarian 

Share:

0 komentar:

Categories

SAHABAT

Tag related.

meteran listrik ada tulisan periksa
cara buka biss key tanaka t21 sky
batre bb 9300 biar awet
ASURANSI.MOBIL.ASURANSI JIWA.MOTOR ASURANSI.ASURANSI.asuransi biss key tanaka,cara ngatasin gambar tangan pada layar kwh,meteran pln periksa,kode remot tv ichiko,nonton piala dunia di bb 9300,chanel liga inggris 2014-2015 di satelit asiasat
,thaicom,biss key chanel Thaicom 5