PENYEBAB SPEAKER TOA MESJID SERING JEBOL.

Speaker TOA,istilah lain nya adalah speaker membran ( istilah orang sunda) banyak sekali dipergunakan oleh mesjid mesjid dan juga dipergunakan di berbagai kegiatan lain nya yang tentunya mengharuskan ada penguatan suara seperti kampanye,acara 17 Agustusan dan lain sebagai nya.
Mesjid dengan megah nya biasa nya selain pemasangan sound audio di dalam ruangan,tentunya hampir semua mesjid memasang speaker TOA untuk pengeras suara nya.
Sebagai seorang tehnisi tentu nya sudah tak asing lagi dengan speaker yang satu ini,mulai dari speaker membran TOA yang berwarna biru yang diketahui sebagai speaker TOA generasi lama namun mawih banyak yang bertahan dengan kekuatan yang awet,dan speaker TOA yang berwarna putih yang sebagaimana kita ketahui merupakan generasi baru dari speaker TOA ini,yang merupakan pengganti dari speaker TOA membran berwarna biru.
Beberapa perbedaan fisik antara speaker TOA model lama dan baru.
  • Warna.
Dari warna nya ini kita sudah bisa memastikan itu speaket TOA baru atau yang lama.
  • Magnet.
Apabila kita membuka speaker TOA  akan bisa diketahui ada 2 jenis magnet.Magnet speaker TOA varian lama menggunakan magnet seperti telur dipotong dua bagian.
Magnet speaker TOA yang keluaran baru berbentuk lingkaran dengan cincin magnet warna hitam sebelah luar.
Didalam kenyataan nya ada speaker TOA yang berwarna biru tapi sudah ada yang menggunakan magnet berbentuk lingkaran dengan cincin magnet yang berwarna hitam.Ini diketahui sebagai generasi awal perubahan ke speaker TOA jaman sekarang.
  • Spul TOA / DIAPHRAGM.
Spul TOA polos tanpa dudukan.
Spul TOA pakai dudukan.
Spul TOA tanpa dudukan menggunakan packing kertas dua biji.
Sedangkan spul TOA yang pakai dudukan tidak memerlukan packing kertas melainkan langsung menggunakan dudukan plastik.

Beberapa penyebab speaker TOA atau membran spul nya jebol terus adalah sebagai berikut.
  1. Tidak menggunakan pasangan amplifier yang impedansi nya sesuai dengan impedansi speaker TOA tersebut.
  2. Amplifier rakitan yang tidak dipasang penyesuaian impedansi akan selalu merusak spul membran tersebut.
  3. Amplifier yang terlalu besar watt nya.
  4. Kabel penyambung dari amplifier ke membran menggunakan kabel kualitas rendah.
  5. Apabila spul Toa tersebut telah mengalami pergantian maka bisa jadi tehnik penggantian nya kurang teliti.
 Beberapa tips supaya spul Toa awet dan tahan lama adalah sebagai berikut.
  1. Belilah satu pasang speaker TOA dan amplifier TOA dalam satu paket.
  2. Apabila terlanjur menggunakan amplifier rakitan atau bukan pasangan nya maka bisa di modifikasi amplifier tersebut dengan cara memasang trafo impedansi output ( trafo OT ) di dalam ampli nya atau juga bisa dipasang alternative lain yaitu dengan memasang elko 2200 uF 50 Volt di output speaker nya.Baca cara memasang trafo OT dan elko di amplifier TOA disini
  3. Apabila melakukan pergantian spul perhatikan apakah spul tersebut lem lem nya kuat atau tidak,ciri spul toa yang bagus adalah fisik nya kekar bentuk nya dan kuat lem nya.
NB : hanya pengalaman pribadi,spul TOA yang lumayan teruji walaupun lokal adalah merk NALAE atau NARAE.Karena fisik lumayan kuat dan kekar.Ketika spul merk nalae polos tak pakai dudukan bisa dipasang menggunakan bekas dari dudukan plastik bawaan spul toa yang asli nya.
Share:

PENGALAMAN MENGATASI PRINTER CETAK FOTO BERGARIS GARIS

Usaha cetak foto digital amatiran di pedesaan memang banyak kendala,selain konsumen jarang juga ditambah bahan bahan pendukung harus jauh jauh didatangkan dari kota.Kata amatiran disini adalah dengan menggunakan peralatan yang sederhana bukan peralatan cetak setara LAB dikota kota besar.Maklum cetak foto di pedesaan hanya sebatas bikin foto yang bersifat nya instan seperti buat keperluan persyaratan SKCK,foto buat masuk sekolah dan lain sebagai nya.Sedangkan foto foto buat ijazah,foto foto dokumentasi perkawinan,khitanan dan acara resmi lain nya tentu nya akan di cetak di bawa ke LAB di kota sana.Karena acara acara resmi seperti itu tentu nya mensyaratkan daya tahan foto yang lebih awet kuat dan tahan lama karena dokumentasi tersebut akan disimpan sampai puluhan tahun hingga lebih.

Amatiran disini hanya menggunakan komputer PC / Laptop/Kamera DSLR/ dan Printer sebagai peralatan dasar nya.Nah sobat didalam membahas pengalaman dalam kesempatan kali ini kami tidak mengulas tentang PC / Kamera melainkan kami akan mengulas tentang suka dan duka nya menggunakan printer untuk keperluan cetak foto tersebut.

Awal awal menggeluti dunia percetakan foto amatir beberapa tahun lalu kami menggunakan printer merk Epson yang emang di klaim sebagai printer dengan hasil cetak foto yang lumayan bagus dan layak dipergunakan ( Epson R 230).Dari awal beli printer ini sudah di modifikasi oleh penjual nya dengan cara di infus,tentunya kami hanya tinggal memakai nya saja.Pengalaman pertama dalam mencetak foto tentunya yang muncul bukan di printer nya tapi kendala muncul di program program editing foto nya,maklum bisa dikatakan awam.Namun seiring dengan kemauan ingin bisa akhirnya teratasi juga.

Setelah berjalan hampir enam bulan dan tinta pun sudah berganti,mulai muncul masalah masalah di printer,dan yang muncul pertama kali adalah muncul nya garis garis di warna magenta,tentunya hal ini membuat gambar jadi tidak secerah biasa nya.Berbagai cara sudah dilakukan mulai dari perubahan kualitas di propertis printer nya,head cleaning dan membersihkan busa di pembuangan dalam printer.Hasil nya memang ada namun tidak sampai bertahan lama kendala cetak foto bergaris garis di printer dan bahkan berbintik bintik di kertas foto ini akhir nya muncul lagi.

Browser di google baca tutorial dan lain sebagai nya,sambil diskusi ke pakar nya di kota dan semua tips sudah dilakukan akhir nya mencoba jalan terakhir yaitu menggunakan cairan pencuci head printer.Setelah mendapatkan langsung kami praktekan.Memang cairan pencuci head ini memang ber fungsi juga ditandai dengan hilang nya kendala cetak foto bergaris garis tersebut.Tapi tak sampai dua bulan hasil  foto bergaris garis tersebut muncul lagi,kemudian dilakukan pencucian head lagi,setelah beres,bukan nya normal malah muncul pesan error di notifikasi printer dan setelah browser sana sini ternyata isi pesan tersebut menandakan bahwa head printer rusak.Wah kiamat kecil sobat,ya sudah lah berhubung harga head printer yang begitu mahal nya akhirnya diputuskan printer ini di masukan saja ke dus dan di simpan di lemari.

Dan selanjutnya diputuskan untuk membeli lagi printer yang baru,dan masih terpaku pada Epson R230,namun yang jadi perbedaan adalah dalam menggunakan tinta nya,di printer yang ini dari awal kami menggunakan tinta asli buatan epson dan tetap menggunakan sistem infus.Dengan berdasarkan pemikiran apabila menggunakan tinta asli dimungkinkan daya tahan printer akan lebih awet,dan head yang dipakai tidak cepat aus atau rusak.Dan memang sobat ada lebih nya dari yang pertama,bahkan limit percetakan sudah dilewati nya sampai dua kali,limit disini adalah sudah titik dimana memory printer sudah maksimal dan printer harus di reset lagi ke awal.Tentunya menggunakan software resetter Epson dalam hal ini resetter R230.Banyak yang membahas di google para master printer yang membagikan ttutorial serta program resetter nya.

Namun setelah setahun kendala muncul juga walaupun dibilang lumayan lambat,masalah nya tetap sama yaitu hasil cetak foto di printer bergaris garis.Lagi lagi masalah cetak foto bergaris garis menjadi momok yang menakutkan bagi percetakan foto amatiran bagi kami khusus nya yang awam akan printer.
Dan cara penanganan nya printer edisi kedua ini sudah kapok melakukan nya sendiri langsung dibawa ke service center printer resmi yang direkomendasikan oleh teman ku.Dan ternyata head nya sudah mulai cacat katanya.Perbaikan nya tetap harus ganti head....waaaaw.
Tentunya printer yang kedua ini kami bawa lagi dan tentunya ku simpan di lemari kembali,hehe.

Edisi ketiga pembelian printer masih tetap ke Epson sekarang agak meningkat dengan berpindah ke Epson L 1800.Dan sudah di infus resmi dari pabrik,dengan asumsi kalau semua nya resmi dan lagian mahal tentunya daya tahan printer akan lebih lama.Kira kira apa pengalaman tentang Epson L1800 ini.Kita tunggu sobat ya,,karena printer ini masih bekerja dengan normal tanpa kendala,mudah mudahan bisa lebih awet dari sebelum nya.
Maaf ini hanya pengalaman pribadi,dan penanganan service juga sederhana dan alakadar nya.Hanya berbagi pengalaman kan judul nya juga pengalaman,,,,hehe.
Share:

Tips TV Akari Gambar Nya Melipat.

Kerusakan tv Akari bisa dibilang umum seperti tv keluaran cina lain nya,bahkan bisa dikatakan sangat mirip, tapi dalam kesempatan kali postingan kami dalam hal perbaikan tv merk Akari yaitu gambar cacat dengan ditandai nya gambar melipat dibagian bawah layar,setelah sekian lama dinyalakan tv Akari ini gambar nya makin menyempit keatas hampir mencapai setengah laya.
Dan paling bawah gambar nya hitam alias blank,setelah lama di nyalakan gambar melipat ini makin lama makin naik keatas hampir menutup semua nya.Pasti para kawan sekalian berpikir ini adalah kerusakan pada bagian vertikal atau minimal yang berhubungan dengan vertikal tv Akari ini.
Benar sekali tebakan sobat sobat semua.Terus apa nya yang rusak? Gambar melipat serta layar sobatbagian bawah atai atas tidak penuh di tv Akari ini alat apa kira kira yang rusak nya?
Mari kita bahas di bawah ini.
Gambar melipat biasa nya sering muncul di rangkaian vertikal yang menggunakan tegangan CT alias min plus dan ground.Dengan tegangan berkisar diantara 12 volt sampai 16 volt ini apabila ada salah satu catu daya misal tegangan min kurang dari semestinya maka bisa dipastikan gambar akan melipat.
Begitu juga apabila tegangan plus berkurang maka gambar vertikal yang di hasilkan bisa melipat dan cacat gambar.
Komponen apa saja yang rentan bisa melemahkan tegangan yang masuk di vcc vertikal ini ?
  1.  Elko.
  2.  Dioda.
  3.  Resistor.
  4.  Aisi ( IC Vertikal ).
Elko disini sering sekali diketemukan banyak nya yang melemah dan berkurang kapasitas nya.Elko yang melemah bisa dilihat dari bentuk fisik yang menggelembung dan juga plastik pembungkus nya terkelupas karena panas.Elko berukuran 470 uF 25 volt ditegangan vcc min sering sekali menyebabkan gambar tv melipat bagian bawah layar.
Dioda penyearah dari trafo switsing sering juga menyebabkan tegangan menurun bahkan menghilang.
Resistor.beberapa merk televisi sering menyertakan resistor yang berpungsi sebagai sekering dibagian vcc vertikal.Gosong adalah ciri fisik apabila resistor rusak.Lebih akurat nya tentunya melakukan pengukuran dari nilai resistor tersebut.
Aisi ( IC ) yang melemah dan sudah mulai short tentunya bisa menyebabkan gambar vertikal yang melipat dan meyebabkan gambar TV tidak penuh baik atas maupun bawah.
Panas yang berlebihan juga sering menyebabkan bagian vertikal ini terganggu dan cacat gambar.Baik garis garis diatas layar tv atau juga dibawah layar tv.
Tentunya dengan pengukuran serta diagnosa kerusakan yang tepat akan membuat pekerjaan kita menjadi mudah.
Dalam perbaikan adakala nya kita bisa memperkirakan umur alat tertentu dengan melihat bentuk fisik nya,jangan ragu mengganti alat yang dirasa sudah mencurigakan apalagi alat tersebut hanya alat yang murah seperti elko.Kepuasan pelanggan adalah kunci sukses dari sebuah pekerjaan service elektronika. 
Apalagi kita semua tahu bahwa kualitas elko sekarang berbeda dengan kualitas elko satu dekade lalu.Terlalu cepat menurun kualitas dan kapasitas nya.Mudah mudahan ada manfaat nya buat kita semua. 
Share:

Categories

SAHABAT